Wednesday, February 1, 2012

"mengeretek" Leher Bisa Sebabkan Stroke


Menghentakkan leher hingga berbunyi 'kretek'  memang ampuh mengatasi rasa kaku dan pegal-pegal, terutama saat bangun tidur atau duduk terlalu lama di depan komputer. bunyi 'kretek' mirip tulang patah sebenarnya terjadi akibat adanya pelepasan gas dalam membran synovial  yang menyelubungi persendian.
Lepasnya gas-gas tersebut tidak berbahaya, bahkan bisa membantu meredahkan rasa kaku dan pegal-pegal di persendian walau untuk sesaat, meski biasanya akan kembali lagi ketika membran synovial mulai terisi kembali oleh udara.
Karena efeknya hanya bertahan sesaat, maka pilihan paling tepat adalah dengan lebih sering bergerak atau melakukan aktifitas fisik.
Beberapa resiko yang mungkin terjadi jika sendi 'dikeretek' terlalu kuat atau terlalu sering antara lain sebagai berikut; 1. Tendon atau tempat melekatnya otot pada tulang jadi longgar karena terlalu sering di tarik, 2. sendi kehilangan elstisitas atau kelenturan gerak, 3. otot terasa nyeri akibat hentakan yang terlalu kuat, dan 4. syaraf bisa mengalami kerusakan sehingga otot mudah kesemutan.
Pakar kebugaran dari new york Dr.Hendry S.Lodge mengatakan, kebiasaan 'mengeretek' leher lebih berbahaya dari pada bagian lain karena bisa meningkatkan resiko stroke

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
My Ping in TotalPing.com